Tugas Ilmu Sosial Dasar 6



Nama    : Aji pratama Sri Yudistira
Kelas     : 1ka20
Npm      : 10117396

Tugas ISD ke 6
Soal :
1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda berikut ini :
  
                a. Idealisme & daya kritis
                b. Dinamika & kreatifitas
                c. Keberanian mengambil resiko
                d. Optimisme & penuh semangat
                e. Sikap mandiri & disiplin
                f. Terdidik
                g. Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
                h. Patriotisme & Nasionalisme
                i. Sikap ksatria
                 j. Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi

2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya "Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?

Jawab.
1.       A.            Pemuda yang Memiliki keyakinan suatu hal yang di anggap benar bersumber dari             pengalaman, pendidikan , kultur budaya dan keadan. Pemuda yang mampu berpikir
                 Dari banyak aspek. Potensi pemuda seperti ini yang membawa perubahan dan                                 bertentangan  dari keadan realisme
               
                Pemuda yang memiliki daya kristis dalam cara berfikir tentang masalah keadan sekitar nya yang membuat pemuda itu bangkit ingin mengubah keadan tersebut.
                Pemuda ini melihat menganalisa, melakukan penyidikan, dan meng evalusai       sehingga membuat solusi dari masalah yang ada dengan berpikir kritis.

B.            pemuda yang berpikir secara dinamis,fungsional terhadap suatu masalah yang ada          dan berkereatifitas dalam kehidupan nya berpontensi memberi warna
c.             pemuda yang optimis dan penuh semangat berpontensi membawa hal yang positip
e.            pemuda yang memili kemandirian dalam kehidupan
2. Bangsa yang baik adalah bangsa yang mampu melahirkan benih-benih generasi muda yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut. Salah satu upaya untuk mewujudkannya dapat ditempuh melalui suatu program yaitu pendidikan. Namun pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang berkarakter yang dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak untuk berfikir kritis sehingga apa yang dipelajari dapat tertanam dalam diri siswa. Kemampuan berpikir yang dimiliki tersebut terutama pada anak, dapat dieksplorasi dengan baik jika dikembangkan dengan baik pula. Pembelajaran yang penuh konteks, kebebasan, dan menyenangkan adalah pembelajaran yang mengembalikan siswa ke fitrahnya sebagai manusia untuk mengembangkan kemanusiaan dan kesadaran untuk mencintai alam.


Pembelajaran yang baik harus memuat tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena jika ketiga aspek tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka akan membentuk kemampuan berfikir kritis dan munculnya kreatifitas. Dua kemampuan inilah yang mendasari skill problem solving yang diharapkan dapat terwujud pada diri individu. Berpikir kritis melibatkan cara berpikir instrospektif dan produktif, serta mengevaluasi kejadian maka cara mendorong anak agar mampu berfikir kritis adalah dengan menghadapkan mereka pada topik-topik kontroversional dan menciptakan suatu pembelajaran yang kondusif sehingga anak akan merasa nyaman dan mudah untuk menuangkan ide-ide kreatifnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Macam Simbol Flow chart beserta Fungsi nya

Tugas Ilmu Sosial Dasar

PERUBAHAN KEBUDAYAAN & ORIENTASI NILAI BUDAYA

Tugas Ilmu Sosial Dasar 1

Tugas ilmu Sosial Dasar 2