Tugas Ilmu Sosial Dasar 6
Nama : Aji pratama
Sri Yudistira
Kelas : 1ka20
Npm : 10117396
Tugas ISD ke 6
Soal :
1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda
berikut ini :
a.
Idealisme & daya kritis
b. Dinamika &
kreatifitas
c. Keberanian
mengambil resiko
d. Optimisme &
penuh semangat
e. Sikap mandiri &
disiplin
f. Terdidik
g. Keanekaragaman
dalam persatuan & kesatuan
h. Patriotisme &
Nasionalisme
i. Sikap ksatria
j. Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi
2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya
"Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?
Jawab.
1.
A.
Pemuda yang Memiliki keyakinan suatu hal yang di anggap benar bersumber dari pengalaman, pendidikan , kultur budaya dan
keadan. Pemuda yang mampu berpikir
Dari banyak aspek. Potensi pemuda seperti ini
yang membawa perubahan dan bertentangan
dari keadan realisme
Pemuda
yang memiliki daya kristis dalam cara berfikir tentang masalah keadan sekitar nya yang membuat pemuda itu bangkit
ingin mengubah keadan tersebut.
Pemuda
ini melihat menganalisa, melakukan penyidikan, dan meng evalusai sehingga membuat solusi dari masalah yang
ada dengan berpikir kritis.
B. pemuda
yang berpikir secara dinamis,fungsional terhadap suatu masalah yang ada dan berkereatifitas dalam kehidupan
nya berpontensi memberi warna
c. pemuda
yang optimis dan penuh semangat berpontensi membawa hal yang positip
e. pemuda
yang memili kemandirian dalam kehidupan
2. Bangsa yang baik adalah bangsa yang
mampu melahirkan benih-benih generasi muda yang mampu mencerdaskan kehidupan
bangsa tersebut. Salah satu upaya untuk mewujudkannya dapat ditempuh melalui
suatu program yaitu pendidikan. Namun pendidikan yang dimaksud adalah
pendidikan yang berkarakter yang dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan
anak untuk berfikir kritis sehingga apa yang dipelajari dapat tertanam dalam
diri siswa. Kemampuan berpikir yang dimiliki tersebut terutama pada anak, dapat
dieksplorasi dengan baik jika dikembangkan dengan baik pula. Pembelajaran yang
penuh konteks, kebebasan, dan menyenangkan adalah pembelajaran yang
mengembalikan siswa ke fitrahnya sebagai manusia untuk mengembangkan
kemanusiaan dan kesadaran untuk mencintai alam.
Pembelajaran yang baik harus memuat tiga
aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena jika ketiga aspek
tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka akan membentuk kemampuan berfikir
kritis dan munculnya kreatifitas. Dua kemampuan inilah yang mendasari skill
problem solving yang diharapkan dapat terwujud pada diri individu. Berpikir
kritis melibatkan cara berpikir instrospektif dan produktif, serta mengevaluasi
kejadian maka cara mendorong anak agar mampu berfikir kritis adalah dengan
menghadapkan mereka pada topik-topik kontroversional dan menciptakan suatu
pembelajaran yang kondusif sehingga anak akan merasa nyaman dan mudah untuk
menuangkan ide-ide kreatifnya.
Komentar
Posting Komentar